This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Apakah Autisma Itu ?

Meskipun telah diidentifikasi pertama kali tahun 1943, Autisma masih merupakan kecacatan yang belum diketahui. Saat ini gangguan spektrum autistik diperkirakan hampir menyentuh kehidupan keluarga di Indonesia.

Orang dengan autisma tidak cacat secara fisik dengan kata lain seorang yang lumpuh karena mengalami kemungkinan cedera diotak ; mereka tidak membutuhkan kursi roda dan mereka ‘nampak’ tidak seperti orang yang cacat. Banyak kesulitan untuk membentuk kesadaran dan pemahaman akan kondisi tersebut.

Sebab seorang anak autistic nampak “normal’ anggapan lain mereka adalah anak yang nakal atau orang tuanya tidak memperhatikan anak. Orang asing acapkali berkomentar akan hal ini.

Apakah Autisma Itu ?

Autisma adalah kecacatan perkembangan sepanjang hidup yang mempengaruhi seseorang berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain disekitar mereka. Anak – anak dan orang dewasa dengan autisma memiliki kesulitan dalam berinteraksi sosial sehari – hari. Kemampuan mereka untuk mengembangkan persahabatan biasanya terbatas sebagaimana kemampuan mereka untuk memahami ekspresi emosi orang lain.

Orang dengan autisma seringkali diiringi kesulitan belajar tetapi seseorang dengan kondisi demikian sulit dalam membuat pengertian.

Selain itu ada kondisi yang dinamakan Asperger Syndrome yang merupakan bentuk dari autis yang dipakai untuk menggambarkan orang yang biasanya fungsi akhirnya lebih tinggi dari spektrum autistik.

‘Kenyataan seorang autistik adalah membingungkan, mempengaruhi massa pada setiap peristiwa, orang, tempat, suara dan pandangan. Nampaknya tak ada batas yang jelas, urutan atau arti pada sesuatu. Sebagian besar dari kehidupan saya dihabiskan hanya untuk mencoba menyusun model dibelakang semuanya.’Seseorang dengan autisma

Apakah karakteristik dari autisma ?
Orang dengan autisma biasanya mengalami kesulitan pada tiga hal pokok ; hal ini dikenal sebagai kelemahan tiga serangkai.

•Interaksi sosial ( kesulitan dengan hubungan sosial, sebagai contoh nampak
menyendiri dan tidak tertarik pada orang lain ).
•Komunikasi sosial ( kesulitan dengan komunikasi verbal dan non verbal, sebagai
contoh tidak memahami penuh arti dari gerakan tubuh, ekspresi muka atau tekanan
suara ).
•Daya Fantasi ( Kesulitan dalam perkembangan bermain secara interpersonal dan
imajinasi, sebagai contoh memiliki jangkauan terbatas akan kegiatan imajinasi,
kemungkinan meniru dan mengikuti secara kaku dan berulang – ulang ).

Sebagai tambahan pada tiga serangkai ini, sikap tingkah laku mengulang – ulang dan melawan untuk mengubah rutinitas merupakan karakteristiknya.

Apakah penyebab autisma ?

Penyebab dari autisma masih belum diketahui tetapi penelitian menunjukkan bahwa faktor genetik merupakan faktor penting. Hal ini juga dijelaskan dari penelitian bahwa autisma mungkin diasosiasikan dengan keanekaragaman dari kondisi yang mempengaruhi perkembangan otak yang terjadi sebelum, selama atau segera setelah melahirkan.

Diagnosa
Diagnosa autisma dibuat lebih awal, lebih baik kesempatan membantu dan menolongnya disesuaikan penerimaan anak / orang tersebut.

Dapatkah anak/orang dengan autisma ditolong ?

Pendidikan Luar Biasa dan dukungan yang terstruktur sebenarnya dapat membuat sebuah perbedaan pada anak / orang dengan kehidupan autisma, menolong meningkatkan kemampuannya dan mencapai potensi penuh dimasa dewasa.

Pusat Layanan Dinamika Untuk Autistik

Pusat Layanan Dinamika untuk Autistik dan Penyandang Cacat ( Dinamika Service Center For Autistic ) merupakan kegiatan dari Yayasan DINAMIKA yang telah berkembang di Bekasi untuk orang dengan autisma dan yang menangani mereka, dan menjalin kerja sama dengan lembaga nasional dan internasional untuk autisma. Yayasan DINAMIKA bekerja dibanyak bidang untuk membantu anak / orang dengan kehidupan autisma.

Program

•Melayani pendidikan dan rehabilitasi medik anak dan dewasa dengan autisma.

Ciri - ciri anak dengan Autisma

•Menunjukkan ketidak acuhan
•Bergabung jika orang dewasa meminta dengan tegas dan membantunya
•Menunjukkan kebutuhan dengan menggunakan tangan orang dewasa
•Interaksi hanya disatu pihak
•Tidak bermain dengan anak – anak yang lain.
•Echolalic – meniru kata – kata seperti burung beo
•Berbicara tak putus – putusnya mengenai satu masalah
•Tingkah laku yang aneh
•Membawa atau memutar – mutar obyek
•Kurang kreatif, pura – pura bermain
•Variasi bukan bagian dari kehidupannya
•Tak ada kontak mata
•Tertawa atau terbahak – bahak yang tidak tepat
•Tetapi beberapa orang diantara mereka dapat mengerjakan sesuatu dengan sangat baik, sangat cepat tetapi tidak dengan tugas yang melibatkan pengertian sosial.

Untuk informasi dan pendaftaran Anak dengan Autisma Anda dapat menghubungi :

YAYASAN DINAMIKA
Jl. Diponegoro No. 28
Bekasi 17150
Phone : 62-21-8805212
Fax : 62-21-8806299

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUAT WEB INSTANT DAPAT DUIT

Anda mencari Design Web Professional untuk perusahaan atau sekolah Anda ? Bingung buat web yang unik dalam waktu singkat? Atau mau buat uang dari website atau blog Anda ? Disini tempatnya Http://www.klik.ws/uanginstant

lowongan kerja di rumah